Kajian Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pembangunan di Sulawesi Selatan

BAPPELITBANGDA, MAKASSAR- Sidang TPM  (Tim Pengendali Mutu) dengan judul penelitian “Kajian Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pembangunan di Sulawesi Selatan” dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 18 November 2021 di Gedung Ex Balitbangda Ruang Rapat Bawakaraeng lantai 3. Sidang TPM  ini dipimpin oleh Kepala Bidang Litbang Bappelitbangda Prov.Sulsel Bapak Dr. Muhammad Taufik, S.Pt, M.Si (Via Zoom), dihadiri oleh Tim Peneliti, Prof. Dr. Darmawan Salman, Dr. Suwardi Annas.,M.Si., Ph.D (Tim Pengendali Mutu), Kasubid Sosial dan Pemerintahan, Kasubid Ekonomi dan Pembangunan, Kasubid Inovasi dan Teknologi, Pejabat Fungsional, dan Pejabat Pelaksana. Sidang TPM ini bertujuan untuk memberikan masukan-masukan terhadap hasil penelitian yang diperoleh oleh Tim Peneliti di Lapangan guna penyempurnaan laporan penelitian.

Kajian Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pembangunan di Sulawesi Selatan bertujuan untuk memperoleh penilaian masyarakat terhadap pembangunan yang telah dikerjakan dan untuk mengetahui permasalahan utama yang dirasakan oleh masyarakat. Adapun survey ini juga diharapkan akan diperoleh preferensi masyarakat dalam arah pembangunan selanjutnya.

Untuk mewujudkan visi Provinsi Sulawesi Selatan dan upaya perbaikan kinerja layanan secara berkelanjutan, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pembangunan di Sulawesi Selatan pada tahun 2021.

Responden survey ini berjumlah 1.200 orang berdasarkan perhitungan rumus Sloven terhadap total penduduk provinsi Sulawesi Selatan yang tersebar di 24 kabupaten dan kota se-Sulawesi Selatan, dengan menggunakan kuisioner dan form observasi sebagai instrument survei.

Dari hasil survey yang telah dianalis  didapat kesimpulan sebagai berikut:

  1. Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi sebesar 44,6 persen, sedangkan yang tidak puas sebesar 20,2 persen. Karena itu menjadi penting bagi Pemerintah Provinsi untuk memenuhi ekspektasi publik akan kinerja Pemerintah Provinsi dengan menyelesaikan atau minimal memperbaiki hal hal yang dianggap menjadi masalah krusial bagi masyarakat Sulawesi Selatan.
  2. Aspek-aspek isu yang masih dipersepsikan oleh masyarakat untuk menjadi peningkatan kinerja Provinsi Sulawesi Selatan adalah
    1. Infrastruktur jalan
    2. Penyaluran bantuan sosial seperti Raskin dan BLT
    3. Ekonomi Masyarakat
    4. Pengangguran dan lapangan pekerjaan
  3. Dari keseluruhan hasil yang di dapat, masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan, harapan masyarakat agar kinerjanya terus dipertahankan adalah dalam isu:
    1. Pendidikan
    2. Pelayanan Kesehatan
    3. Penanganan Covid-19

Dari ketiga isu dasar ini, terlihat bahwa pemerintah Provini Sulawesi Selatan telah berhasil memenuhi harapan masyarakat terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu pendidikan (SMA) dan pelayanan kesehatan.

 

 

 

 

Komentar : ( 0 )

Tinggalkan Komentar

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Jl. Urip Sumoharjo No.269 Km.5 Makassar, Sulawesi Selatan, 90231
Telepon : 0411 - 453486 (Ext.1)

Email : bappelitbangda@sulselprov.go.id, Bappelitbangda22@gmail.com
Statistik Pengunjung
  • Hari ini : 2250
  • Bulan ini : 434367
  • Tahun ini : 995597
TOP
>